Rabu 22 Apr 2020 07:33 WIB

Mengapa Pasien Sembuh Bisa Terkena Covid-19 Lagi?

Sejumlah orang yang telah sembuh kembali terkena Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Warga Seoul, Korea Selatan, Rabu, (8/4). Sejumlah orang di Korea Selatan yang telah sembuh kembali terkena Covid-19.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Warga Seoul, Korea Selatan, Rabu, (8/4). Sejumlah orang di Korea Selatan yang telah sembuh kembali terkena Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini beberapa negara melaporkan bahwa sejumlah pasien yang sudah dinyatakan sembuh kembali positif Covid-19 saat dites. Beberapa negara yang telah melaporkan kasus seperti ini adalah Korea Selatan dan India. Apa penyebabnya?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam keterangan resminya pada Jumat (17/4) menyatakan ketidakyakinannya terhadap kemampuan antibodi dalam darah memberikan perlindungan maksimal terhadap reinfeksi virus corona. WHO pun menduga, meski antibodi seharusnya bekerja efektif menangkal reinfeksi, sejumlah besar orang sepertinya tidak mengembangkan antibodi dalam tubuh mereka (serokonversi).

Baca Juga

"Ini masih baru, jadi masih harus kita pelajari lagi," ungkap dokter spesialis anak dr Arifianto SpA dalam talk show online bertema "Covid-19 pada Anak: Apa yang Harus Diketahui Orang Tua?" yang diselenggarakan oleh Inisiatif Zakat.

Terlepas dari itu, pria yang akrab disapa dokter Apin ini mengungkapkan beberapa kemungkinan yang membuat fenomena ini terjadi. Salah satu kemungkinan tersebut adalah virus penyebab Covid-19, yaitu SARS-CoV-2, kemungkinan memiliki banyak strain.