REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemik Covid-19, sebagian orang masih memerhatikan penampilan. Di platform media sosial Instagram, kategori fashion masih menjadi topik pencarian paling tinggi.
Putri Silalahi, Manager Komunikasi Instagram untuk Asia Pasifik, mengatakan, Instagram melihat peluang besar pelaku bisnis terutama di bidang fashion. Hal itu terlihat dari tagar yang berkaitan dengan fashion menjadi yang paling bnyak dicari, seperti #bajulebaran, #bajumurah, #syari, #mukenacantik, dan lainnya.
"Jadi untuk persiapan lebaran yang paling banyak dicari yaitu #dirumahaja, #bajulebaran, #bajumuslim, #bajumurah, #mukenacantik. Fashion memang memimpin dari pencarian," ujar Putri melalui Facebook Live, belum lama ini.
Hal ini membuat Instagram merilis program Academy Instagram untuk membantu para pengusaja kecil dan menengah. Program ini merupakan pelatihan secara virtual dengan kurikulum disesuaikan dengan kondisi saat ini.
Materi yang diberikan seputar cara bagi pebisnis meyakinkan konsumen dengan membuat behind the scene. Kemudian, juga membuka layanan konsultasi.
Tak hanya fashion, Instagram juga melihat kata "donasi" yang meningkat 300 kali lipat selama pandemik. Tema kebaikan menjadi yang paling aktif sampai saat ini di Instagram.