Peristiwa Ramadhan: Meninggalnya Putri Kedua Rasulullah

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 24 Apr 2020 03:40 WIB

Peristiwa Ramadhan: Meninggalnya Putri Kedua Rasulullah. Foto: Ilustrasi Muslimah Foto: Mgrol120 Peristiwa Ramadhan: Meninggalnya Putri Kedua Rasulullah. Foto: Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruqayah merupakan putri kedua Rasulullah bersama Khadijah binti Khuwailid, dia terlahir setelah Zainab dan merupakan kakak dari Ummu Kultsum. Ruqayah pernah dipinang oleh Utbah bin Abu Lahab, sepupu Rasulullah sebelum Muhammad mendapatkan wahyu dari Allah SWT.

Setelah Allah menjadikan Muhammad nabi dan Rasul, Nabi kemudian meminta Utbah menceraikan Ruqayah. Selain itu perpisahan itu juga permintaan dari Ruqayah sendiri.

Baca Juga

Ini karena sebelumnya Abu Lahab yang mendesak untuk membatalkan pernikahan dia dan putranya. Lagipula keduanya setelah menikah belum bercampur satu kamar. Penganiayaan pun terus dilakukan oleh Abu Lahab dan istrinya untuk memenuhi keinginan mereka itu.

Setelah bercerai, Allah kemudian menggantikan suami untuk kedua putrinya dengan suami yang lebih baik. Ruqayah dijodohkan dengan Utsman bin Affan salah seorang sahabat Rasulullah yang telah Allah janjikan surga untuknya.