Sabtu 25 Apr 2020 08:37 WIB

Kuartal I, Transaksi e-channel BNI Syariah Capai 40,9 Juta

BNI Syariah proyeksikan kenaikan transaksi melalui e-channel sebesar 5 persen.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Karyawan melayani transaksi nasabah di kantor layanan BNI Syariah, Jakarta, Selasa (22/1). Jumlah transaksi melalui electronic channel BNI Syariah mencapai sebesar 40,9 juta transaksi pada kuartal I-2020. Angka tersebut tumbuh sebesar 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 atau year on year (yoy) yaitu sebesar 37,9 juta transaksi.
Foto: Republika/Prayogi
Karyawan melayani transaksi nasabah di kantor layanan BNI Syariah, Jakarta, Selasa (22/1). Jumlah transaksi melalui electronic channel BNI Syariah mencapai sebesar 40,9 juta transaksi pada kuartal I-2020. Angka tersebut tumbuh sebesar 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 atau year on year (yoy) yaitu sebesar 37,9 juta transaksi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah transaksi melalui electronic channel BNI Syariah mencapai sebesar 40,9 juta transaksi pada kuartal I-2020. Angka tersebut tumbuh sebesar 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 atau year on year (yoy) yaitu sebesar 37,9 juta transaksi.

Transaksi electronic channel ini di antaranya berasal dari BNI mobile banking, BNI internet banking, BNI SMS banking dan ATM. Dalam dua bulan terakhir atau selama masa pandemi, diperkirakan terdapat peningkatan transaksi sebesar 5 persen.

"BNI Syariah memproyeksikan adanya pertumbuhan transaksi melalui electronic channel khususnya Mobile Banking sebesar 5 persen pada periode Maret-April tahun 2020 dibandingkan periode Januari-Februari 2020 sebelum masa darurat pandemi Covid-19 berlangsung," kata Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto kepada Republika.co.id, Jumat (24/4).

Adapun nilai transaksi Nasabah melalui electronic channel pada kuartal I-2020 mencapai Rp 33,5 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 17,6 persen dibandingkan kuartal I-2019 dengan nominal Rp 28,5 triliun.

ATM masih menjadi channel yang paling sering digunakan nasabah dengan proporsi transaksi sebesar 74,2 persen dari jumlah transaksi pada kuartal I-2020 melalui electronic channel atau sejumlah 30,4 juta transaksi.

Channel dengan pertumbuhan paling signifikan secara tahunan (year on year) adalah mobile banking dengan pertumbuhan sebesar 142,3 persen dari 4 juta transaksi pada kuartal I-2019 menjadi 9,8 juta transaksi pada kuartal I-2020.

"Kenaikan transaksi ini didorong oleh kenaikan pembayaran Zakat, Infaq & Shodaqoh, dan Wakaf (ZISWAF) melalui electronic channel per Maret 2020 yang mengalami kenaikan 15 persen secara year on year (yoy)," jelas Wahyu.

Wahyu menjelaskan, selama masa darurat pandemi Covid-19 ini Bank BNI Syariah juga turut mendukung upaya-upaya pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19. Diantaranya melalui campaign dan sosialisasi penggunaan electronic channel kepada seluruh Nasabah Bank BNI Syariah untuk memenuhi kebutuhan transaksi harian Nasabah seperti transfer dana baik antar sesama rekening BNI Syariah maupun ke rekening bank lain, pengisian ulang pulsa dan top up saldo uang elektronik maupun pembelian dan pembayaran tagihan, khususnya melalui channel BNI Mobile Banking.

BNI Syariah menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi melalui electronic channel selama masa darurat ini berlangsung terutama sehubungan dengan tren peningkatan kebutuhan transaksi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1441 H tahun ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement