Ahad 26 Apr 2020 00:52 WIB

Unta Gemuk dan Kekhawatiran Umar bin Khattab

Umar bin Khattab menegur anaknya terkait untanya yang gemuk.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Unta Gemuk dan Kekhawatiran Kholifah Umar bin Khattab
Unta Gemuk dan Kekhawatiran Kholifah Umar bin Khattab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi anak dan keluarga Umar bin Khattab tak lantas membuat mereka hidup bermewah-mewahan. Bahkan Umar pun tidak pernah memberikan fasilitas maupun kemudahan kepada anaknya terutama dalam berbisnis.

Putra Umar bin Khattab, Abdullah bin Umar pernah berbisnis unta. Abdullah membeli seekor unta yang amat kurus. Lalu Abdullah menggembalakannya di padang rumput di Madinah, tempat unta-unta sedekah milik Baitul Mal dan milik warga merumput.

Baca Juga

Pada suatu ketika, Umar bin Khatab pergi untuk menjalankan pemeriksaan, sebagaimana diceritakan dalam buku Umar bin Khatab, Kehidupan Umar dalam Keluarga. Kemudian, Umar melihat seekor unta yang gemuk. Unta tersebut berbeda dengan unta lainnya karena pertumbuhannya yang baik. Lalu, Umar bertanya, “Siapakah pemilik unta ini?” mereka menjawab “Unta Abdullah bin Umar."

Sangat terkejut hati Umar mengetahui pemilik unta gemuk itu. “Bagus! Bagus sekali wahai anak Amirul Mukminin,” kemudian, Umar mengutus orang untuk memanggil Abdullah dengan segara dan Abdullah pun datang dengan tergesa-gesa.