Selasa 28 Apr 2020 16:49 WIB

Khaulah Binti Hakim, Meminang Aisyah untuk Rasulullah

Selama hidupnya, Khaulah telah meriwayatkan 15 hadis Rasulullah SAW

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: A.Syalaby Ichsan
Muslimah/ilustrasi
Foto: muslimgirl.net
Muslimah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Di balik pernikahan Rasulullah SAW dengan Aisyah binti Abu Bakar dan Saudah binti Zam'ah, terdapat nama Khaulah binti Hakim. Perempuan yang termasuk dalam generasi-generasi awal yang memeluk agama Islam ini meminang Aisyah untuk Rasulullah SAW kepada keluarga Abu Bakar.

Selain itu, Khaulah meminang Saudah binti Zam'ah untuk dinikahi Rasulullah SAW. Ini semua dilakukan Khaulah atas izin Rasulullah SAW. Peristiwa ini pun terjadi pascakepergian istri pertama Rasulullah SAW, Khadijah binti Khuwaillid.

Khaulah, yang saat itu melihat kegelisahan dan kesedihan Rasulullah SAW mendatangi dan menawarkan diri untuk mencarikan istri untuk Rasulullah SAW. Ini dilakukan Khaulah untuk mengobati kesedihan Rasulullah SAW yang ditinggal meninggal dunia oleh Khadijah binti Khuwailid. Namun, itu bukan satu-satunya kemuliaan Khaulah binti Hakim.

Khaulah binti Hakim memiliki nama lengkap Khaulah binti Hakim Ibnu Umaiyah as-Sulamiah. Dia merupakan istri dari salah satu pemimpin kaum muhajirin, Usman bin Madzun. Dari perkawinannya dengan Usman, Khaulah dikaruniai dua orang anak, as-Saib dan Abdurrahman.