Cahaya Lampu dan Kesunyian Ramadhan di Michigan

Rep: Febryan. A/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 29 Apr 2020 03:45 WIB

Muslim di Michigan, AS menghias rumah mereka dengan lampu agar Ramadhan semarak di tengah Covid-19. Foto: Halal Metropolis Muslim di Michigan, AS menghias rumah mereka dengan lampu agar Ramadhan semarak di tengah Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Masjid-masjid kosong tanpa jamaah. Kedai-kedai roti tak lagi penuh sesak. Tiada pula kegiatan makan bersama. Hanya kesunyian yang mendekap Ramadhan tahun ini di Kota Dearborn, Michigan, Amerika Serikat.

Kota yang dikenal sebagai Kota Arab-Amerika itu terpaksa menjalani Ramadhan yang sunyi lantaran pandemi Covid-19. Pemerintah memberlakukan kebijakan pembatasan sosial dengan meminta masyarakat di rumah saja, menutup masjid, dan melarang masyarakat makan di restoran.

Baca Juga

Masa sulit biasanya melahirkan ide-ide terobosan. Berawal dari kegusaran melihat sepinya Ramadhan tahun ini, para aktivis Muslim di Dearborn akhirnya mengadakan kontes "Ramadhan Light". Sebuah kontes mendekorasi rumah dengan hiasan lampu guna memeriahkan bulan suci.

Rumah dengan hiasan terbaik nantinya akan ditetapkan sebagai pemenang. Penentuannya dilakukan berdasarkan foto rumah yang diunggah peserta ke formulir daring.