Kreasi Mentaiko, Menu Kekinian Cocok untuk Sahur dan Berbuka

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 29 Apr 2020 17:17 WIB

Nasi mentai kreasi Salmon Mentai Bandung. Sejak WFH, mentai rice semakin populer karena banyak yang mencoba membuatnya di rumah. Foto: Instagram Nasi Mentai Rice Nasi mentai kreasi Salmon Mentai Bandung. Sejak WFH, mentai rice semakin populer karena banyak yang mencoba membuatnya di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa isolasi diri membuat orang-orang tertantang memasak makanan ala restoran di dapur masing-masing. Selain agar lebih sehat, berkreasi dengan makanan juga bisa membunuh kebosanan selama work from home (WFH).

Salah satu makanan yang sedang kekinian yang bisa dicoba untuk menu sahur maupun berbuka adalah aneka hidangan mentai. Mentaiko sejatinya merupakan masakan Jepang yang memakai pollock mentah atau telur ikan yang direndam saus cabai.

Baca Juga

Dilansir laman Japan-talk, mentaiko terinspirasi dari hidangan Korea yang dikenal sebagai myeongran jeot. Selama bertahun-tahun, mentaiko dikreasikan di berbagai makanan, seperti onigiri, spageti Jepang, donburi, temaki, yakitori, pizza, makanan pendamping, sushi, omurice, ramen, hingga mentaiko sandwich.

Chef Vindex Tengker mengatakan, mentai sebenarnya sudah lama ada di restoran Jepang atau Japanese fusion di Indonesia. Ia mengatakan, mentai telah menjadi menu favorit anak-anak muda.