Rabu 29 Apr 2020 20:56 WIB

Ancaman Kawasaki di Tengah Pandemi Covid-19

Ahli medis sedang selidiki kemungkinan hubungan covid-19 dan kasus peradangan parah.

Rep: Eva Rianti/ Red: Budi Raharjo
Penyakit Kawasaki menginfeksi anak-anak. (ilustrasi)
Foto: Pexels
Penyakit Kawasaki menginfeksi anak-anak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Harley Grix panik ketika mendapati anaknya yang berusia tiga tahun, Marley menderita penyakit langka yang diduga terkait dengan virus corona. Buah hatinya mengalami gejala yang belum pernah dilihat sebelumnya oleh Grix, dan barangkali oleh para orang tua lainnya.

Tangan Marley sangat kasar, kaki bengkak merah, dan lidahnya meradang. Matanya menjadi sangat merah, napasnya cepat, wajahnya pucat, dan tubuhnya benar-benar lesu. Saat itulah, Grix langsung melarikan Marley ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Sesampai di Rumah Sakit Frimley Park di Camberley, Surrey, seorang dokter anak dan perawat langsung bergegas menangani Marley, lantas memberikan cairan dan antibiotik kepadanya.

Melihat kondisi Marley, tim medis menilai ada yang aneh. Hal itu pun dirasakan oleh Grix, terutama setelah mengingat bahwa suhu anaknya meningkat selama seminggu. Tim medis mengatakan, kemungkinan yang dialami oleh Marley adalah sepsis, komplikasi berbahaya akibat infeksi, atau kemungkinan sesuatu yang berhubungan dengan virus corona, namun belum benar-benar yakin.