Kamis 30 Apr 2020 05:11 WIB

UPI Buat KKN Tematik Pencegahan Covid-19

KKN tematik pencegahan Covid-19 menyasar siswa sekolah dan masyarakat umum

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
Aktivitas mahasiswa di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terpantau sepi. UPI mengambil kebijakan pembelajaran jarak jauh antisipasi korona, Senin (16/3).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Aktivitas mahasiswa di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terpantau sepi. UPI mengambil kebijakan pembelajaran jarak jauh antisipasi korona, Senin (16/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik pencegahan Covid-19. Adaptasi KKN 2020 bagi mahasiswa ini dibuat untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap pandemi Covid-19.

Program yang dilakukan untuk menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi ini mengambil tema 'Edukasi Pencegahan Covid-19'.

"Kami mendukung dan menguatkan program penanggulangan dan pencegahan Covid-19 yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah," kata Sekretaris LPPM UPI, Yadi Ruyadi, dalam keterangan yang diterima Republika, Rabu (29/4).

Program ini, lanjut Yadi menyasar pada siswa sekolah dan masyarakat secara umum. Khususnya mereka yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa sendiri. Dengan demikian, mahasiswa tidak perlu pergi jauh dan semakin tinggi risiko terpapar Covid-19.

Pilihan yang ditawarkan meliputi pendataan penduduk, peningkatan pemahaman masyarakat terkait penyakti Covid-19, pembuatan media edukasi, dan perancangan aplikasi anti Covid-19. Selain itu, mahasiswa juga bisa melakukan pembuatan alat pelindung diri (APD) atau membentuk komunitas relawan Covid-19.

Mahasiswa juga boleh memberi advokasi kepada komunitas relawan Covid-19 dan menguatkan kerjasama komunitas di wilayahnya. Mahasiswa juga bisa melakukan publikasi KKN tematik melalui media massa.

Yadi menambahkan, program KKN yang dijalankan harus tetap mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini penting karena untuk meminimalisir terjadinya risiko penularan kepada mahasiswa itu sendiri. Pendaftaran KKN tematik ini dimulai Senin, 27 April hingga 3 Mei 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement