Saturday, 25 Rabiul Awwal 1446 / 28 September 2024

Saturday, 25 Rabiul Awwal 1446 / 28 September 2024

Bamsoet: Wujudkan Zero Covid-19 Agar Ibadah Haji Terlaksana

Kamis 30 Apr 2020 12:48 WIB

Red: Gita Amanda

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan mewujudkan zero Covid-19 menjadi peluang agar ibadah haji bisa terlaksana.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan mewujudkan zero Covid-19 menjadi peluang agar ibadah haji bisa terlaksana.

Foto: MPR
Keberhasilan pemutusan rantai Covid-19 akan membuka akses pelaksanaan ibadah haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap pelaksaan ibadah haji tahun ini tetap bisa berlangsung dan tidak terhalang pandemi Covid-19. Karenanya, semua elemen masyarakat harus patuh dan konsisten menerapkan pembatasan sosial guna menurunkan jumlah pasien Covid-19 di dalam negeri.

"Keberhasilan masyarakat Indonesia memutus rantai penularan Covid-19 akan membuka akses bagi calon jamaah beribadah haji di kota suci Mekah pada tahun ini. Untuk memenuhi harapan para calon jamaah haji Indonesia, tak ada pilihan lain kecuali kerja lebih keras dan bersungguh-sungguh menurunkan jumlah pasien di dalam negeri. Bahkan, kalau bisa hingga ke level zero Covid-19," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (30/4).

Baca Juga

Mantan Ketua DPR RI ini menuturkan, Kerajaan Arab Saudi telah melakukan survei persiapan pelaksanaan ibadah Haji tahun 2020. Survei dilaksanakan oleh World Hajj and Umrah Convention (WHUC) di 25 negara pengirim jamaah haji, termasuk Indonesia.

Survei oleh WHUC itu bertujuan mendapatkan informasi tentang langkah atau kebijakan setiap negara mengendalikan dan mencegah penularan Covid-19. Survei yang sama juga ingin mengetahui kesiapan negara jika harus ada karantina sebelum perjalanan dan ketika tiba di Saudi.