Sabtu 02 May 2020 15:09 WIB

Pengamat Ekonomi: Penyebaran Covid Harus Segera Dihentikan

Ekonomi semakin mengkhawatirkan jika situasi pandemi terus berlangsung

Red: Andri Saubani
Sejumlah pedagang menunggu pembeli di Pasar Bandung Kimpling, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/5) menerapkan physical distancing. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Sejumlah pedagang menunggu pembeli di Pasar Bandung Kimpling, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/5) menerapkan physical distancing. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Rizal E. Halim mengatakan, menekan penyebaran Covid-19 menjadi kunci untuk meminimalkan tekanan terhadap ekonomi. Salah satu kuncinya adalah kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi aturan pembatasan sosial.

"Menekan atau bahkan menghentikan penyebaran Covid-19 secara cepat akan sangat membantu untuk menghindari ekonomi tumbuh negatif, PHK massif, dunia usaha melemah, dan sebagainya," kata Rizal ketika dimintai pendapatnya tentang pemulihan ekonomi saat pandemi Covid-19 di Depok, Sabtu (2/5).

Baca Juga

Menurut Rizal, menekan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 merupakan fungsi dari agregasi visi pemerintah pusat-daerah ditambah kedisiplinan masyarakat. Jika salah satunya tidak terpenuhi maka sulit mencapai tujuan tersebut.

"Penanganan penyebaran Covid-19 ini perlu dilakukan bersama-sama, tentunya dengan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi aturan," ujarnya.