Ahad 03 May 2020 13:41 WIB

Gara-Gara Corona, Warren Buffet Rugi 49 Miliar Dolar AS

Warren Buffet juga melepas saham di empat maskapai AS.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.
Foto: AP Photo/Nati Harnik
CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerugian pandemi Covid-19 telah menyebabkan pengusaha di seluruh dunia mengantongi kerugian. Bahkan sekelas Warren Buffet pun tak bisa menutupi rugi bersih.

Berkshire Hathaway, perusahaan milik Warren Buffet mencatat kerugian hingga 49,7 miliar dolar AS (Rp 743,6 triliun) pada kuartal I 2020. Kerugian ini merupakan yang terbesar setelah rugi 21,7 miliar dolar AS pada kuartal yang sama tahun lalu.

Total kerugian investasi tanpa menghitung laba operasi, mencapai 54,5 miliar dolar AS. Padahal, tahun lalu, Berkshire Hathaway membukukan keuntungan 56,3 miliar dolar AS.

Berkshire Hathaway menyatakan menjual saham pada April senilai 6,5 miliar dolar AS. Dana tersebut disimpan dalam treasury.

Buffet juga melepas sahamnya di empat maskapai AS. Perusahaannya memiliki 11 persen saham di Delta Airlines, 10 persen saham di American Airlines Co, 10 persen saham di Southwest Airlines Co, dan 9 persen saham di United Airlines.

"Kami membuat keputusan itu dalam hal bisnis penerbangan. Kami mengeluarkan uang, bahkan dengan kerugian besar. Kami tidak akan mendanai perusahaan di mana kami pikir itu akan menghasilkan uang di masa depan," ujar Buffet.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَمَّا جَاۤءَ مُوْسٰى لِمِيْقَاتِنَا وَكَلَّمَهٗ رَبُّهٗۙ قَالَ رَبِّ اَرِنِيْٓ اَنْظُرْ اِلَيْكَۗ قَالَ لَنْ تَرٰىنِيْ وَلٰكِنِ انْظُرْ اِلَى الْجَبَلِ فَاِنِ اسْتَقَرَّ مَكَانَهٗ فَسَوْفَ تَرٰىنِيْۚ فَلَمَّا تَجَلّٰى رَبُّهٗ لِلْجَبَلِ جَعَلَهٗ دَكًّا وَّخَرَّ مُوْسٰى صَعِقًاۚ فَلَمَّآ اَفَاقَ قَالَ سُبْحٰنَكَ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاَنَا۠ اَوَّلُ الْمُؤْمِنِيْنَ
Dan ketika Musa datang untuk (munajat) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, (Musa) berkata, “Ya Tuhanku, tampakkanlah (diri-Mu) kepadaku agar aku dapat melihat Engkau.” (Allah) berfirman, “Engkau tidak akan (sanggup) melihat-Ku, namun lihatlah ke gunung itu, jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya engkau dapat melihat-Ku.” Maka ketika Tuhannya menampakkan (keagungan-Nya) kepada gunung itu, gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Setelah Musa sadar, dia berkata, “Mahasuci Engkau, aku bertobat kepada Engkau dan aku adalah orang yang pertama-tama beriman.”

(QS. Al-A'raf ayat 143)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement