Selasa 05 May 2020 10:41 WIB

Selebriti Hollywood yang Tinggalkan Pola Makan Vegan

Liam Hemsworth dan Natalie Portman sebelumnya menerapkan pola makan vegan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Liam Hemsworth dan Natalie Portman sebelumnya menerapkan pola makan vegan (Foto: Natalie Portman)
Foto: theweek.com
Liam Hemsworth dan Natalie Portman sebelumnya menerapkan pola makan vegan (Foto: Natalie Portman)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menerapkan pola makan vegan yang sehat bukanlah perkara mudah. Pada perjalanannya banyak penganut vegan yang menyerah karena alasan kesehatan, seperti halnya aktor Liam Hemsworth dan Natalie Portman yang berhenti menjadi vegan.

Dalam sebuah wawancara dengan Men's Health, 'the Independence Day: Resurgence' pada April 2020, Hemsworth mengungkapkan bahwa pola makan vegan yang telah diterapkan selama empat tahun berkontribusi pada penyakit batu ginjal. Pada tahun 2019, ia bahkan harus dirawat di rumah sakit akibat penyakit batu ginjal tersebut.

Baca Juga

“Ketika itu saya harus pergi ke rumah sakit dan menjalani operasi,” kata pemeran Gale Hawthorne dalam film “The Hunger Games” tersebut.

Meskipun kini kesehatannya sudah membaik, namun ia akhirnya menyerah menjadi vegan. Sebab ia khawatir, pola makan vegan bisa merusak ginjal satunya lagi. Mengingat, orang yang satu ginjalnya sudah bermasalah, ginjal satunya rawan untuk sakit juga.

“Batu ginjal yang saya alami adalah batu ginjal kalsiumoksalat. Ini terbentuk dari terlalu banyak oksalat dalam makanan. Oksalat sangat banyak mengandung sayuran, khususnya bayam, almond, kentang,” demikian kata Hemsworth, dilansir US Magazine pada Selasa (5/5).

Aktris Natalie Portman, yang telah lama menjadi vegan juga harus mengevaluasi kebiasaannya tersebut ketika dia hamil anak pertamanya pada 2011. Alih-alih menjadi vegan, bintang 'No Strings Attached' itu memilih untuk mulai mengonsumsi protein hewani demi menjaga kesehatannya.

"Saya mendengarkan tubuh saya, dan akhirnya saya memutuskan untuk mengonsumsi telur dan susu," kata Portman beberapa waktu lalu.

Namun, begitu putranya Aleph lahir, Portman kembali menerapkan pola makan vegan. Bahkan, ketika putri keduanya lahir pada 2017, Portman dan kedua buah hatinya kemudian menerapkan pola makan nabati.

Alih-alih memberikan daging dan susu, Portman lebih memilih alternatif nabati untuk anak-anaknya. Seperti tempe bacon, santan, yogurt, keju terbuat dari kacang mete.

"Itu datang secara alami karena saya pikir. Kita cenderung mengonsumsi makanan vegetarian di rumah. Maka itu pun menjadi kebiasaan bagi anak-anak,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement