Selasa 05 May 2020 20:40 WIB

Kapolda Imbau Warga Tingkatkan Siskamling demi Keamanan

Begal dan pencurian pada malam hari di Kota Jayapura naik.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.
Foto: Antara
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengimbau kepada warga untuk meningkatkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di tengah pembatasan aktivitas dalam penanggulangan dan pencegahan virus corona.

"Saya menghimbau dengan adanya pembatasan aktivitas ini agar tetap waspada terhadap kekerasan yang meningkat, warga tingkatkan terus siskamling di wilayah masing-masing," katanya di Kota Jayapura, Papua, Selasa (5/5).

Menurut dia, gangguan kriminal sesungguhnya secara kuantitatif menurun, namun kualitasnya sedikit mulai naik seperti begal dan pencurian di malam hari. "Sehingga hal ini perlu diwaspadai dan kami akan tingkatkan patroli," kata Waterpauw.

Sebelumnya, jenderal bintang dua Polri itu menyatakan perlunya sinergitas dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 di Bumi Cenderawasih sehingga tidak muncul persoalan yang lain. "Saran saya, pemerintah kabupaten atau kota, sebaikanya bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam kebijakan penanganan Covid-19, ini kan ada dampaknya yang harus ditanggung bersama," katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Paulus untuk menyikapi pemberlakuan jam malam oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dalam penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 yang telah dimulai sejak Ahad (3/5) malam WIB. "Prinsipnya kalau pemberlakuan jam malam, saya setuju saja. Tapi prinsipnya aktivitas masyarakat bukan pada malam hari, tapi siang hari," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement