Kamis 07 May 2020 09:44 WIB

Dukhan, Dajjal dan Misteri Ibnu Shayyad

Ibnu Shayyad mengetahui peristiwa itu melalui tenung

Red: A.Syalaby Ichsan
Menanti Kiamat Datang
Foto: Rendra Purnama/Republika
Menanti Kiamat Datang

REPUBLIKA.CO.ID, Dukhan tengah menjadi satu pembahasan di kalangan masyarakat Muslim. Kemunculan hadis palsu yang mengungkapkan, dukhan akan terjadi pada 15 Ramadhan besok menjadi pemicu. Terlebih, umat manusia di seantero dunia sedang menghadapi masalah wabah yang disebabkan virus Corona Baru atau Covid-19.

Ibnu Shayyad, seorang keturunan Yahudi yang hidup pada masa Rasulullah SAW pernah membaca pikiran Rasulullah saat mengatakan sesuatu. Perkataan tersebut adalah Ad-Dukh. Dalam hadis Shahihain, terungkap peristiwa dimana Rasulullah menemui Ibnu Sayyad dikediamannya.

"Sesungguhnya aku sekarang menyembunyikan sesuatu terhadapmu" Ibnu Shayyad menjawab, "Itu adalah Ad-Dukh," (Belum lagi Ibnu Sayyad merampungkan ucapannya) Rasulullah Saw. memotongnya, "Terhinalah kamu, kamu tidak akan dapat melampaui takdirmu (kedudukanmu).

Imam Ibnu Katsir menjelaskan, Rasulullah Saw. menyembunyikan terhadapnya firman Allah Swt.: Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut (dukhan) yang nyata (Ad-Dukhan: 10).