Jumat 08 May 2020 17:05 WIB

HPM Fokus Penjualan Digital dan Layanan Purna Jual

Sejak diberlakukannya PSBB, layanan penjualan dan purna jual konsumen Honda meningkat

Red: Hiru Muhammad
Honda Brio memberikan sumbangan terbesar bagi penjualan produk HPM di  Tanah Air
Foto: PT HPM
Honda Brio memberikan sumbangan terbesar bagi penjualan produk HPM di Tanah Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sejumlah pabrik kendaraan bermotor berhenti memproduk kendaraan, namun pabrikan kendaraan tidak menghentikan aktivitas penjualannya. Mereka masih tetap melayai pelanggan setianya dengan pola yang sedikit berbeda dari sebelumnya. 

"Kami banyak melayani pelanggan secara online, " kata Yusak Billy, Business Innovations and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) di sela diskusi Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Jumat (8/5). Menurutnya, masa pandemi Covid-19 ini akan lebih banyak digunakan pihak HPM untuk melayani konsumen. Selain penjualan juga layanan purna jual. 

Hasil penjualan secara digital telah memberikan kontribusi hingga 20 persen. Angka itu jauh melebihi penjuelana sebelum masa pandemi yang hanya berada di kisaran 3 persen. Sedangkan yang 80 persen dilakukan para loyalis Honda yang sebelumnya telah dihubungi para petugas sales dari agen.

Sedangkan layanan after sales, pihaknya juga memberikan fasilitas home servis ke pelanggan. Layanan ini diberikan untuk servis rutin kendaraan. Hingga April lalu telah lebih dari 2000 kali home servis dilakukan. Program Home Service Honda saat ini didukung sebanyak 118 dealer di berbagai kota di Indonesia untuk melayani konsumen yang membutuhkan perawatan atau perbaikan mobil tanpa meninggalkan rumah masing-masing.