Sabtu 09 May 2020 21:15 WIB

Kombinasi 3 Obat Antivirus Bantu Ringankan Gejala Covid-19

Kombinasi 3 obat antivirus tampak berkhasiat bagi pasien Covid-19.

Red: Reiny Dwinanda
Virus corona (ilustrasi). Peneliti di Hong Kong menemukan kombinasi tiga obat antivirus dapat meredakan gejala Covid-19.
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi). Peneliti di Hong Kong menemukan kombinasi tiga obat antivirus dapat meredakan gejala Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan kombinasi tiga obat antivirus, lopinavir ritonavir, ribavirin, dan interferon beta dapat membantu meringankan gejala sakit Covid-19 pada pasien dengan keluhan ringan dan menengah. Kesimpulan itu merupakan hasil uji coba yang dilakukan di Hong Kong.

Hasil uji coba itu turut menunjukkan kombinasi tiga obat tersebut dapat menurunkan kadar virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, dalam tubuh pasien. Uji coba tersebut melibatkan 127 pasien.

Baca Juga

Peneliti membuat perbandingan antara pasien yang hanya mengonsumsi obat HIV, lopinovir ritonavir, dengan pasien yang meminum lopinovir ritonavir, obat hepatitis ribavirin, dan obat sklerosis interferon beta sekaligus. Hasil penelitian, sebagaimana dipublikasikan dalam jurnal kedokteran Lancet, menunjukkan rata-rata pengguna tiga obat tersebut tidak memiliki virus dalam tubuhnya lima hari lebih awal daripada mereka yang hanya mengonsumsi satu obat.

Pasien yang hanya mengonsumsi satu obat rata-rata sembuh dalam waktu tujuh sampai 12 hari.