Senin 11 May 2020 11:01 WIB

Jokowi Keluhkan Kecepatan Pengujian Spesimen Covid-19

Jokowi menargetkan pengujian bisa 10 ribu spesimen per hari

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah petugas medis memakai alat pelindung diri untuk mengambil spesimen nasofaring dan orofaring pada seorang pasien suspek Covid-19
Foto: Antara/Aswaddy Hamid
Sejumlah petugas medis memakai alat pelindung diri untuk mengambil spesimen nasofaring dan orofaring pada seorang pasien suspek Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan kecepatan kemampuan pengujian spesimen di berbagai laboratorium di Indonesia masih jauh dari target. Berdasarkan laporan yang diterimanya, kemampuan pengujian spesimen untuk alat tes PCR saat ini baru mencapai 4-5 ribu sampel per harinya.

Angka ini pun masih jauh dari target yang diberikannya yakni pengujian hingga 10 ribu spesimen per harinya.

“Saya baru mendapatkan laporan bahwa kemampuan pengujian spesimen untuk PCR sekarang ini sudah mencapai 4 ribu -5 ribu sample per hari. Saya kira ini masih jauh dari target yang saya berikan yang lalu yaitu 10 ribu spesimen per hari,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas percepatan penanganan pandemi covid 19 di Istana Merdeka, Senin (11/5).

Lebih lanjut, berdasarkan data dari gugus tugas, saat ini sudah ada 104 laboratorium yang masuk dalam jaringan laboratorium covid-19. Presiden pun meminta agar seluruh laboratorium tersebut dipastikan dapat berfungsi maksimal, meskipun 51 laboratorium rujukan di antaranya belum melakukan pemeriksaan.