Selasa 12 May 2020 17:24 WIB

Mengapa Hari Perawat Internasional Diperingati Tiap 12 Mei?

Florence Nightingale merupakan tokoh penting di balik Hari Perawat Internasional.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perawat mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi. Hari Perawat Internasional diperingati tiap 12 Mei.
Foto: AP
Perawat mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi. Hari Perawat Internasional diperingati tiap 12 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiap 12 Mei, dunia memeringati Hari Perawat Internasional. Tanggal itu dipilih untuk menghormati pionir keperawatan modern, Florence Nightingale.

Tahun ini merupakan peringatan kelahiran Nightingale yang ke-200. Aktris asal Inggris Helena Bonham Carter pun mengajak masyarakat untuk membeli bunga mawar putih untuk kemudian diunggah di media sosial sebagai simbol penghargaan daring dalam peringatan Hari Perawat. Carter yang merupakan cicit dari Nightingale mengatakan bahwa kontribusi masyarakat sekecil apapun akan sangat berarti bagi para perawat.

Baca Juga

"Membeli mawar putih adalah cara sederhana untuk menghormati perawat dan bidan kita. Kita tidak boleh melupakan pengorbanan yang mereka lakukan setiap hari selama masa pandemi ini,” kata Carter dilansir laman Evening Standard, Selasa (12/5).

Nightingale lahir di Florence, Italia, pada 12 Mei 1820. Berasal dari keluarga kelas atas, dia sempat tak disetujui untuk belajar ilmu keperawatan di Salisbury, Inggris pada 1844 dan Jerman pada 1850.