Jumat 15 May 2020 17:38 WIB

Pandan Papua Hingga Sarang Semut Dukung Imunitas dari Covid

Spesies pandan anggur yang hanya ada di Filipina dan Papua.

Rep: Santi Sopia/ Red: Agus Yulianto
Sebuah rumah atau sarang semut (ilustrasi)
Foto: www.kaheel7.com/id
Sebuah rumah atau sarang semut (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vaksin Covid-19 masih belum ditemukan. Satu-satunya cara melindungi diri yaitu dengan mendukung sistem imunitas atau kekebalan tubuh untuk menghadapi virus.

Lisye Iriana Zebua, Dosen Biologi Universitas Cenderawasih dalam webinar Jumat (15/5), mengatakan, bagaimana menjaga imunitas dari bakteri atau virus yakni perlu mengonsumsi makanan bervitamin dan gizi lengkap. Asupan yang mengandung vitamin A, B, C, D dan E serta mineral, zinc dan lainnya dapat mendukung sistem imun manusia.

"Bagaimana peranan tanaman obat, khususnya dari Papua itu ada yang punya potensi menurut hasil riset dan kajian dan juga telah dipublikasikan," kata Lisye dalam webinar bertajuk "Menguatkan Imun Tubuh dengan Tumbuhan Obat Papua" yang digelar Balitbangda Papua Barat bersama Eco Nusa.

Tumbuhan obat itu di antaranya, pandan buah merah, pandan kelapa hutan, pandan anggur, sarang semut dan lainnya. Lisye mencontohkan, pandan buah merah bisa ditemukan di pegunungan dan masyarakat Papua sering menggunakannya.