Sabtu 16 May 2020 07:58 WIB

Semakin Banyak Negara Perbolehkan Kegiatan di Luar Rumah

Kegiatan di luar rumah telah banyak diperbolehkan di sejumlah negara.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Hafil
Semakin Banyak Negara Perbolehkan Kegiatan di Luar Rumah. Foto: Ilustrasi Penyebaran Virus Corona
Foto: MgIT03
Semakin Banyak Negara Perbolehkan Kegiatan di Luar Rumah. Foto: Ilustrasi Penyebaran Virus Corona

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Beberapa negara Eropa yang menghadapi infeksi virus corona mulai melambat pada Jumat (15/5). Sedangkan di wilayah Amerika dan Asia mulai melakukan pelonggaran wilayah meski penyebaran infeksi belum selesai.

Slovenia yang secara bertahap mengurangi langkah-langkah lockdown ketat. Negara ini menyatakan bahwa penyebaran virus sekarang telah terkendali dan penduduk Uni Eropa sekarang dapat masuk dari Austria, Italia dan Hongaria.

Baca Juga

Jerman bersiap untuk membuka perbatasannya dengan Luksemburg dan meningkatkan jumlah penyeberangan dari Perancis, Swiss dan Austria. Pengunjung dari luar masih perlu menunjukkan alasan yang kuat untuk memasuki Jerman, dan akan ada pemeriksaan mendadak sebagai upaya mengembalikan perjalanan gratis sebelum 15 Juni.

Beberapa wilayah Jerman juga setuju untuk menghentikan karantina wajib selama 14 hari bagi para yang datang dari UE dan beberapa negara Eropa lainnya, termasuk Inggris. "Jerman hanya akan mengatasi krisis korona jika kebebasan bergerak orang Eropa, barang dan jasa sepenuhnya pulih," kata Gubernur negara bagian barat Rhine-Westphalia Utara, Armin Laschet.