Ahad 17 May 2020 21:46 WIB

Bupati Humbahas Siap Jaga Ketahanan Pangan Nasional

Persiapan pangan atas dampak covid-19 ini agar menjadi perhatian serius kita semua.

Red: Budi Raharjo
Kabupaten Humbahas musim panen padi.
Foto: Humas Kementan
Kabupaten Humbahas musim panen padi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menjadi salah satu Kabupaten yang turut serta dalam acara video conference yang di selenggarakan Kementeian Pertanian (Kementan) dalam rangka Gerakan Percepatan Tanam yang dihadiri langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Gubernur NTT, 22 Bupati dan 77 titik kabupaten. Bupati Humbahas menyatakan siap menjaga ketahanan pangan nasional.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor menjelaskan saat ini Humbahas tepat pada musim panen padi. Hasil pengubinan diperkiraan 6,24 ton per hektare (ha) dengan luasan 80 ha sudah siap panen di Desa Bonan Dolok. Untuk pertanaman musim kedua pada bulan Mei, Kabupaten Humbahas memprioritaskan penanaman bawang merah dan jagung.

“Saat ini di Humbang Hasundutan terdapat lahan sekitar 50 ribu ha yang dapat diolah menjadi lahan tanaman padi gogo, jagung, maupun holtikultura,“ jelas Dosmar di Humbahas, Ahad (17/5).

Oleh karena itu, Dosmar menyatakan pihaknya saat ini membutuhkan penambahan eskavator. Walau telah menerima eskavator dari Kementan sekitar 11 unit tapi alat tersebut masih kurang.