Resep Kentang Panggang Keju Gurih untuk Sahur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 19 May 2020 03:20 WIB

Kentang panggang bisa menjadi hidangan yang praktis untuk menu sahur maupun berbuka puasa. Foto: livestrong Kentang panggang bisa menjadi hidangan yang praktis untuk menu sahur maupun berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepekan terakhir Ramadhan, makin banyak keluarga yang kehabisan ide makanan sahur dan berbuka. Ahli gizi Yulaika Widhiastuti mengingatkan, selain soal rasa, makanan juga harus diperhatikan segi gizinya.

Chef Blue Band Dhani Kurnia merekomendasikan kentang panggang dengan kandungan nilai nutrisi 432 kkal untuk sahur si kecil. Menurut Dhani, resep ini juga dapat dijadikan pilihan menu sahur dan makan malam keluarga selama bulan Ramadan.

Baca Juga

Resep kentang panggang

Bahan-bahan:

Bahan utama

Bawang putih, parut 4 siung

Oregano bubuk 1 sendok teh

Blue band 4 sendok makan

Garam 1/4 sendok teh

Kentang bentuk panjang 4 buah (@200 gram)

Keju mozzarella, iris tipis 100 gram

Sosis, iris tipis dua buah

Keju cheddar parut 75 Gran

Seledri, cincang 1 sendok makan

Bahan pelengkap:

Mayones

Saus sambal

Langkah penyajian:

1. Ambil blue band. Aduk bawang putih dan oregano bersama blue band dalam panci kecil. Panaskan diatas api kecil hingga tercampur dan berbau harum, sisihkan.

2. Taruh kentang diatas talenan, iris tipis sedalam 3/4 bagian, jangan sampai putus (kentang tidak terpotong bagian bawahnya). Selesaikan untuk kentang lainnya.

3. Percikkan cairan bawang putih pada kentang menggunakan kuas. Selipkan potongan keju mozzarella dan sosis di sela-sela irisan kentang. Taburi dengan keju cheddar parut

4. Panggang dalam oven pada suhu 200 derajat Celcius selama 45 menit hingga bagian luar kentang kering tapi dalamnya lunak.

5. Setelah kentang matang, angkat, taburi seledri cincang. Sajikan panas bersama bahan pelengkap.