Selasa 19 May 2020 12:35 WIB

Indonesia Terserah Dinilai Bentuk Kerisauan Tenaga Medis

Indonesia terserah muncul dan kerap diunggah dalam video oleh tenaga medis.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita
Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Didik Mukrianto
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Didik Mukrianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR dari Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto, menyoroti munculnya frasa Indonesia terserah di media sosial. Frasa tersebut muncul dan kerap diunggah dalam video oleh tenaga medis yang berjuang menghadapi Covid-19. 

"Saya sangat memahami kerisauan tenaga medis tersebut, mengingat bahwa pengabdian dan perjuangan para dokter, tenaga medis, dan relawan medis berada dalam garda terdepan dalam penanganan Covid-19," kata Didik dalam pesan singkatnya, Selasa (19/5).

Baca Juga

Menurut Didik, tenaga medis menyadari sepenuhnya risiko yang mereka hadapi. Mereka juga menyadari potensi terpapar Covid-19. Demi negara, pemerintah, dan kemaslahatan bersama, serta kepentingan rakyat, tenaga medis mengambil risiko itu meskipun kesehatan dan nyawa mereka taruhannya. 

Namun, ketika risiko yang mereka ambil tampak tak dihargai dengan tetap berkerumunnya massa dan kebijakan yang tak konsisten, frasa Indonesia terserah pun muncul. Anggota Komisi III DPR itu mengatakan, kondisi penyebaran virus Covid-19 belum terkendali, sementara vaksin belum ditemukan.