Selasa 19 May 2020 13:35 WIB

PBB Kirim 89 Truk Bantuan ke Idlib Suriah

Bantuan kemanusiaan PBB sebanyak 89 truk dikirim ke Provinsi Idlib pada Kamis

Rep: Anadolu Agency/ Red: Christiyaningsih
Bantuan kemanusiaan PBB sebanyak 89 truk dikirim ke Provinsi Idlib pada Kamis. Ilustrasi.
Foto: Anadolu Agency
Bantuan kemanusiaan PBB sebanyak 89 truk dikirim ke Provinsi Idlib pada Kamis. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  HATAY - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada Kamis mengirim 89 truk berisi bantuan kemanusiaan ke Provinsi Idlib, barat laut Suriah. Idlib merupakan wilayah di mana jutaan orang sangat membutuhkan uluran tangan.

Truk-truk yang penuh dengan bantuan kemanusiaan memasuki Suriah melalui gerbang perbatasan Cilvegozu di Provinsi Hatay, selatan Turki, yang berbatasan dengan provinsi Idlib. Bantuan itu akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di Kota Idlib dan perdesaan terdekat.

Baca Juga

Suriah telah dirusak oleh perang saudara sejak awal 2011 ketika rezim Assad menindak demonstran pro-demokrasi dengan kejam. Ratusan ribu orang telah terbunuh dan lebih dari 10 juta orang terlantar, menurut laporan PBB.

Idlib berada dalam zona de-eskalasi, menurut kesepakatan antara Turki dan Rusia pada akhir 2018. Pada September 2018, Turki dan Rusia sepakat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi dengan larangan tegas pada segala tindakan agresi. Namun, rezim dan pasukan Rusia di zona itu terus melanggar gencatan senjata dan menyebabkan lebih dari 1.300 warga sipil tewas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement