Kamis 21 May 2020 10:58 WIB

Bos Walt Disney Jadi CEO Baru TikTok

Kevin Mayer dinilai menjadi aset besar bagi TikTok.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Aplikasi TikTok
Foto: www.tiktok.com
Aplikasi TikTok

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemimpin eksekutif Walt Disney, Kevin Mayer, resmi menjadi CEO aplikasi video TikTok. Langkah ini diharapkan menjadi jalan mulus bagi TikTok untuk menjadi raksasa global.

Hal tersebut mengingat aplikasi asal China itu kerap diadang beragam masalah regulasi, perizinan, dan persaingan dengan raksasa lain seperti Facebook dan Google. Mayer yang memiliki rekam jejak positif bagus dalam hal negosiasi, relasi di Hollywood, dan birokrasi Amerika Serikat (AS), sangat menjanjikan bagi TikTok.

Mayer mengambil tanggung jawab luas dalam peran barunya. Dia akan bertanggung jawab untuk pengembangan perusahaan, penjualan, pemasaran, urusan publik, keamanan, moderasi, dan hukum ByteDance (konglomerasi yang menaungi TikTok), serta pengembangan global.

Pria berusia 58 tahun itu juga memiliki pemahaman baik tentang cara bekerja dengan perusahaan lain dan talenta top, sesuatu yang diperlukan TikTok dalam menghadapi label rekaman dan artis. Pada April 2019 misalnya, tiga label rekaman terbesar di industri musik menuntut TikTok membayar lebih untuk lagu dari artis mereka yang digunakan di TikTok. Hal ini menyebabkan perselisihan antara TikTok dan label. Hingga kini perjanjian jangka panjang tersebut masih harus diselesaikan.