Ahad 24 May 2020 07:32 WIB

Pochettino: Selamanya Tidak Akan Pernah Jadi Barcelona

Mauricio Pochettino kini bebas melakukan negosiasi dengan klub manapun.

Red: Didi Purwadi
Mauricio Pochettino
Foto: EPA-EFE
Mauricio Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada awal Januari lalu, Barcelona memburu pelatih untuk menggantikan Ernesto Valverde. Gelandang legendaris Barcelona, Xavi Hernandez, sempat muncul namanya namun akhirnya lebih memilih menolak tawaran tersebut.

Setelah gagal membujuk Xavi, jajaran petinggi Barcelona mempersempit daftar buruan menjadi dua nama. Keduanya yakni Mauricio Pochettino dan Ronald Koeman.

Pochettino saat itu baru dipecat dari posisi manager Tottenham Hotspur pada November 2019. Posisinya kini digantikan oleh Jose Mourinho.

Ketertarikan Barcelona pada Pochettino sungguh mengejutkan. Karena, pelatih asal Argentina itu identik dengan Espanyol yang notabene musuh sekota karena sama-sama dari Catalan.

‘’Pochettino selalu tegas menyatakan bahwa dia tidak ingin menjadi bos Barcelona sepanjang karier kepelatihannya karena hubungannya dengan Espanyol tersebut,’’ sebut laporan Marca, Ahad (24/5).

Meski sudah tahu bakal ditolak, Barcelona tetap membidik pelatih berusia 48 tahun tersebut. Seteru abadi Real Madrid itu mengirim perwakilannya ke London untuk menggelar pertemuan dengan pemimpin Tottenham Daniel Levy. Karena, sebelum tanggal 20 Mei 2020, setiap klub yang menginginkan Pochettino itu wajih membayar fee kepada Spurs.

Perjalanan ke ibukota Inggris itu sia-sia. Karena, Pochettino tetap tidak berubah sikapnya bahwa dia tidak akan pernah mau menjadi pelatih dari tim yang jadi seteru sekota Espanyol. 

Pochettino telah menghabiskan sebagian karier pemain dan pelatih bersama Espanyol. Setelah mengawali karier profesional bersama Newell's Old Boys, Pochettino akhirnya mendapat kesempatan hijrah ke Eropa dengan bergabung bersama Espanyol. Dia memperkuat Espanyol selama tujuh musim sejak 1994.

Sempat pindah ke Paris Saint-Germain dan Bordeaux, Pochettino kembali ke Espanyol selama dua musim (2004-2006) sebelum akhirnya gantung sepatu. Dan, Pochettino mengawali karier kepelatihannya dengan membesut Espanyol pada 2009-2012.

‘’Pelatih berdarah Argentina itu kini sudah bebar melakukan pembicaraan dengan klub manapun,’’ tulis Marca. ‘’Tapi dia akan selalu tegas mengatakan ‘tidak’ kepada klub asal Catalan kecuali Espanyol.’’

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement