Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

PM Belanda Patuhi Lockdown tak Jenguk Ibu Hingga Jelang Ajal

Rabu 27 May 2020 09:16 WIB

Red: Indira Rezkisari

PM Belanda Mark Rutte

PM Belanda Mark Rutte

Foto: EPA
PM Belanda sempat 8 pekan tidak bertemu ibunya sama sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Perdana Menteri Belanda Mark Rutte tidak membesuk sang ibu yang berusia 96 tahun selama lebih dari delapan pekan hingga beberapa jam sebelum meninggal bulan ini. Mark Rutte tertib patuhi larangan karantina wilayah, menurut kantornya pada Selasa (26/5).

 

Mieke Rutte-Dilling mengembuskan napas terakhir pada 13 Mei, seperti diumumkan kantor PM pada Senin. Kematiannya tidak terkait dengan Covid-19 meski terdapat kasus di panti jompo tempatnya tinggal.

Baca Juga

"Perdana menteri mematuhi semua aturan pembatasan Covid-19 dan tidak membesuk ibunya selama (lebih dari 8) pekan," menurut pernyataan kantor PM. "Namun langkah pembatasan memberi peluang untuk menyampaikan salam perpisahan kepada anggota keluarga yang kritis selama fase terakhir dan PM tetap bersama sang ibu pada malam terakhirnya."

Kisah Mark Rutte itu muncul di tengah kontroversi di Inggris soal keputusan penasihat senior Perdana Menteri Boris Johnson, Dominic Cummings, untuk berkendara sejauh 400 km dari London selama karantina wilayah. Cummings membela perjalanannya untuk tetap mendatangi kediaman keluarganya. Ia mengatakan tindakannya beralasan dalam kondisi tersebut sebab ia khawatir tidak memiliki opsi merawat anaknya jika ia bersama sang istri terinfeksi Covid-19.

Keputusannya untuk melakukan perjalanan selama karantina wilayah menuai kemarahan sejumlah pihak di Inggris. Beberapa anggota dewan dari partai Konservatif Johnson menuntut agar ia dipecat setelah mendapat surat kecaman keras dari para pemilih, dilansir dari Reuters.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile