Kamis 28 May 2020 10:30 WIB

Belalang Gurun Serbu India-Pakistan, Stok Pangan Terancam

Serangan belalang gurun terjadi saat India dan Pakistan menghadapi pandemi Covid-19

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Belalang di ranting pohon (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Belalang di ranting pohon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Belalang gurun menyerang sebagian besar wilayah India dan Pakistan di tengah pandemi virus corona. Serangga itu membuat kedua negara menghadapi kondisi darurat tambahan.

Serangga itu menyerang lebih dari dua lusin distrik yang mencakup 50.000 hektare area gurun di India barat. Rajasthan, Madhya Pradesh, dan Gujarat adalah negara bagian yang paling parah terkena dampaknya.

Baca Juga

Sedangkan di Pakistan, pihak berwenang mengumumkan keadaan darurat nasional pada Februari, akibat serangan belalang terburuk dalam lebih dari dua dekade. Laporan lokal mengatakan, para petani berjuang melawan wabah belalang terburuk dalam hampir tiga dekade. Petani pun harus menghancurkan tanaman dan membuat harga pangan melonjak.

Dikutip dari BBC, laporan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), sekitar 38 persen dari wilayah Pakistan yang tersebar di provinsi Balochistan, Sindh, dan Punjab adalah tempat berkembang biak bagi belalang. "Situasinya jauh lebih serius tahun ini tidak hanya di Afghanistan, India, Iran, dan Pakistan tetapi di semua negara garis depan di Afrika, dan semenanjung Arab," kata Direktur Departemen Perlindungan Tanaman Pakistan, Muhammad Tariq Khan.