Kamis 28 May 2020 12:42 WIB

Mobil Laboratorium Covid-19 di Surabaya Siap Jemput Bola

Mobil Laboratorium Covid-19 akan dimaksimalkan untuk rapid test dan tes swab

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Petugas medis mengambil sampel darah warga saat mengikuti rapid test COVID-19
Foto: Prayogi/Republika
Petugas medis mengambil sampel darah warga saat mengikuti rapid test COVID-19

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendapat pinjaman tiga unit mobil laboratorium dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Intelijen Negara (BIN). Mobil laboratorium ini akan dipergunakan untuk melakukan rapid test dan swab massal, dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, mobil laboratorium ini akan berada di Surabaya selama lima hari. Ia menyatakan akan memaksimalkan keberadaan mobil ini untuk melakukan rapid test dan tes swab massal di berbagai titik di Kota Surabaya.

Alhamdulillah nanti kita bisa bergerak lebih cepat. Insya Allah nanti kita akan segera selesaikan, karena nanti akan ketahuan siapa yang terkena dengan pasti. Apalagi ini hasil swabnya tidak sampai 1 jam, sehingga bisa lebih cepat,” kata Risma di Surabaya, Kamis (28/5).

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M. Fikser mengatakan, mobil-mobil ini mempunyai kemampuan pemeriksaan rapid tes dan tes swab yang cepat. Dalam sehari, mobil dari BNPB mampu melakukan pemeriksaan swab sebanyak 100 sampling. Sedangkan yang dari BIN mampu melakukan pemeriksaan hingga 500 sampling.