Kamis 28 May 2020 18:19 WIB

Bantuan Idul Fitri ACT Melipur Kesedihan Diaspora Uighur

Bantuan diharapkan bisa membawa kebahagiaan bagi Uighur di Hari Raya

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Anak muslim Uighur, (ilustrasi). ACT memberikan bantuan untuk diaspora Uighur di Turki.
Foto: EPA/Diego Azubel
Anak muslim Uighur, (ilustrasi). ACT memberikan bantuan untuk diaspora Uighur di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran Idul Fitri selalu dirindukan oleh Muslim di seluruh dunia. Hari kemenangan ini identik dengan makanan khas yang hanya hadir di hari istimewa, mengenakan pakaian baru dan tampil berbeda, hingga silaturahmi dengan keluarga yang lama tak bersua.

Namun bukan itu yang dirasakan diaspora Uighur di Kota Kayseri, Turki. Ramadan dan Idul Fitri masih harus mereka lalui dengan mengungsi. Jauh dari tanah kelahiran mereka di Kota Xinjiang, China, rumah di mana seharusnya mereka tinggal.

Baca Juga

Aksi Cepat Tanggap (ACT) membawa kebahagiaan untuk keluarga diaspora Uighur di Turki pada Sabtu (23/5) lalu. Lewat pemberian zakat fitrah dan paket Idul Fitri, bantuan tersebut diharapkan membahagiakan mereka di Hari Raya.

“Pada Idul Fitri 1441 Hijriah ini, kami memberikan zakat fitrah dan paket Idul Fitri kepada 80 keluarga diaspora Uighur di Kayseri. Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan kesulitan mereka,” kata tim Global Humanity Response (GHR) – ACT, Firdaus Guritno dalam keterangan resmi yang didapat Republika, Kamis (28/4).