Sabtu 30 May 2020 18:46 WIB

Penjelasan Mendag Soal Pembukaan Aktivitas Perdagangan

Kemendag persiapkan exit strategy Covid-19 dengan membuka perdagangan dalam 5 fase.

Red: Ratna Puspita
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyampaikan lima fase pembukaan tatanan kehidupan baru (new normal) bidang perdagangan. Fase ini untuk secepatnya menggerakkan ekonomi rakyat di sektor perdagangan.

Pembukaan aktivitas perdagangan khususnya di tempat-tempat usaha akan dilaksanakan pada Juni 2020 mendatang. Pembukaan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pengawasan serta evaluasi secara menyeluruh.

Baca Juga

“Seluruh elemen di bidang perdagangan kini mulai bersiap. Kementerian Perdagangan telah mempersiapkan exit strategy Covid-19 dengan membuka aktivitas perdagangan. Tahapan tersebut terdiri dari lima fase dengan persyaratan yang berbeda tergantung tingkat kerentanan terhadap potensi penyebaran Covid-19,” kata Mendag Agus Suparmanto lewat keterangannya di Jakarta, Sabtu (30/5).

Menurut Mendag, exit strategy Covid-19 Kementerian Perdagangan (Kemendag) dengan membuka aktivitas perdagangan secara bertahap dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tiga hal terkait, yakni pembatasan jam dan kapasitas operasional, pengaturan jumlah kunjungan dan pembatasan waktu sirkulasi pengunjung, serta penyusunan SOP di tempat-tempat kegiatan perdagangan melalui mitigasi risiko.