Jumat 05 Jun 2020 14:00 WIB

Sholat Jumat di Masjid Agung Tasikmalaya Ramai

Para jamaah shalat Jumat melakukan ibadah hingga halaman masjid

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
Suasana pelaksanaan ibadah shalat jumat di Masjid Agung Tasikmalaya, Jumat (5/6).
Foto: Bayu Adji P
Suasana pelaksanaan ibadah shalat jumat di Masjid Agung Tasikmalaya, Jumat (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA--Pelaksanaan ibadah sholat jumat di Masjid Agung Tasikmalaya pada Jumat (5/6) terpantau ramai. Pelaksaanaan sholat jumat itu merupakan yang kali pertama setelah diizinkan kembali oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya lantaran wilayah itu telah memulai fase kenormalan baru (new normal) atau adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

Berdasarkan pantauan Republika, jamaah yang mengikuti sholat jumat di Masjid Agung Tasikmalaya meluber hingga halaman masjid. Jamaah sholat jumat menggunakan sajadah pribadi dan berkumpul di halaman masjid. Sementara lantai dasar maupun lantai dua Masjid Agung Tasikmalaya penuh dengan jamaah.

Sholat jumat di Masjid Agung Tasikmalaya digelar satu gelombang. Pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) merasa tak perlu melaksanakan ibadah sholat dalam dua gelombang. Sebab, kapasitas Masjid Agung Tasikmalaya dinilai mencukupi untuk menampung jamaah yang datang.

Ketua Harian DKM Masjid Agung Tasikmalaya, KH Aminudin Bustomi mengatakan, dalam kondisi normal masjid terbesar di pusat Kots Tasikmalaya itu dapat menambung sekira 6-7 ribu jamaah. Dalam kondisi saat ini, Masjid Agung Tasikmalaya bisa menampung sekira 2.000 jamaah. Sebab, jarak antarjamaah ketika sholat dibatasi agar tidak rapat.