Jumat 12 Jun 2020 05:01 WIB

Amr bin al-Jamuh, Seorang Pincang yang Bertekad Syahid

Salah satu sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga adalah Amr bin al-Jamuh.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Amr bin al-Jamuh, Seorang Pincang yang Bertekad Syahid. Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto: Republika
Amr bin al-Jamuh, Seorang Pincang yang Bertekad Syahid. Sahabat Nabi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW dikelilingi para sahabat yang setia dan penuh pengorbanan dalam ikut memperjuangkan agama Allah. Bahkan, para sahabat itu telah dijamin oleh Rasulullah SAW akan masuk surga. Salah satu sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga adalah Amr bin al-Jamuh.

Amr bin Al-Jamuh adalah seorang yang pincang kakinya. Namun demikian, meski kondisi fisiknya tidak sempurna, ia memiliki keberanian dan tekad yang kuat untuk mendapatkan syahid. Sehingga, Allah pun memuliakannya dengan syahid itu.

Baca Juga

Amr bin al-Jamuh adalah seorang pemuka Bani Salamah yang disegani. Ia adalah salah seorang pemimpin Yatsrib pada masa jahiliyah.  Sebelum masuk Islam, ia menyembah berhala Manat. Manat ini merupakan patung yang terbuat dari kayu yang indah dan mahal harganya. Hampir setiap hari patung itu dibersihkan dan diminyaki dengan wangi-wangian khusus dan mahal.

Mengutip buku berjudul Sejarah Lengkap Rasulullah Jilid 2 karya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi, dikisahkan bahwa Amr bin Al-Jamuh memiliki empat orang anak laki-laki, di antaranya Khallad, Mu'awwidz, Mu'adz, dan Abu Aiman. Anak-anaknya dan istrinya, Hindun, telah lebih dulu masuk Islam daripada Amr bin al-Jamuh.  Suatu hari, sang ayah mengetahui keislaman mereka.