Rabu 10 Jun 2020 20:36 WIB

Widya, Speaker Pintar Karya Anak Bangsa

Speaker Widya terdiri dari

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Speaker Widya Wicara Prima.
Foto: shoppee
Speaker Widya Wicara Prima.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring perkembangan teknologi yang makin pesat, beragam perangkat canggih kini terus diminati. Salah satunya adalah speaker pintar. Alat ini dianggap sebagai salah satu perangkat penunjang gaya hidup.

Beberapa waktu lalu, PT Widya Informasi Nusantara memperkenalkan speaker pintar karya anak bangsa Indonesia, Widya Wicara Prima. Speaker pintar berbahasa Indonesia ini dilengkapi kecerdasan buatan (AI) dan neutral language processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diberikan oleh penggunanya.

Baca Juga

Teknologi tersebut membuat suara yang dihasilkan speaker pintar ini terdengar sangat natural dan interaktif, layaknya berbicara dengan teman di kehidupan sehari-hari. Diharapkan, hadirnya speaker pintar Widya Wicara Prima bisa menjadi sahabat pengguna, terutama di tengah kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk tetap di rumah saja.

Widya Wicara Prima dibekali dengan fitur-fitur unggulan. Mulai dari, pemutar musik, radio, podcast dengan beragam tema, informasi seputar kesehatan, pantau korona, membaca Alquran, berita, perkiraan cuaca, kalender, membaca buku, hingga kuis interaktif di periode ter tentu. Dalam menyampaikan informasi, speaker ini memiliki sumber yang kredibel, seperti Svara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pro Sehat, Audio Buku, Muslimnesia, dan sumber-sumber lainnya.