Kamis 11 Jun 2020 10:00 WIB

Solusi Tangani Hama, Pakistan Jadikan Belalang Pakan Ayam

Pakistan dilanda serangan belalang parah yang mengancam pasokan makanan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Belalang di ranting pohon (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Belalang di ranting pohon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PUNJAB -- Ayam-ayam di Pakistan kini berpesta pora memakan belalang yang ditangkap di bawah inisiatif untuk memerangi kawanan serangga. Pakistan dilanda serangan hama belalang yang mengancam pasokan makanan warga di negara tersebut.

Perdana Menteri Paksitan Imran Khan telah mendukung rencana untuk memperluas proyek percontohan menangkap belalang di provinsi Punjab. Di sana, penduduk desa mendapat uang tunai dengan mengumpulkan belalang yang kemudian dikeringkan, dicacah, dan ditambahkan ke pakan unggas.

Baca Juga

Para petani berjuang menginvasi hama belalang terburuk dalam 25 tahun yang menyebabkan kegagalan panen di jantung pertanian Pakistan. Awalnya, pejabat di Kementerian Pangan Muhammad Khushid, dan Ahli Bioteknologi Johar Ali mendirikan program dengan memanfaatkan upaya-upaya di Yaman yang dilanda perang, di mana pihak berwenang telah mendorong orang untuk memakan belalang kaya protein di tengah kelaparan. Keduanya memilih distrik Okara di Punjab yang para petaninya tidak menggunakan pestisida apa pun sehingga akan membuat belalang cocok untuk dikonsumsi. 

"Kami pertama-tama harus belajar, dan kemudian mengajari penduduk setempat cara menangkap belalang. Jala tidak berguna melawan mereka," kata Khurshid dikutip Aljazirah, Kamis (11/6).