Jumat 12 Jun 2020 03:57 WIB

Pekan Depan, UEFA Putuskan Nasib Liga Champions Musim Ini

Skenario ini termasuk perubahan lokasi gelaran partai final dan format turnamen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Trofi Liga Champions.
Foto: Denis Balibouse/Reuters
Trofi Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Komite Eksekutif Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dijadwalkan menggelar rapat via video conference pada Rabu (17/6) waktu setempat. Rapat itu akan memutuskan nasib kompetisi antarklub Eropa pada musim ini, termasuk kepastian gelaran Liga Champions.

Akibat pandemi Covid-19, UEFA memutuskan untuk menunda semua kompetisi antarklub Eropa pada musim ini. Kini, setelah kurang dari tiga bulan ditunda, UEFA akan membahas kelanjutan Liga Champions dan Liga Europa pada musim ini.

''Salah satu agenda dalam rapat tersebut terkait penyelesaian Liga Champions dan Liga Europa musim 2019/2020, dari babak 16 besar Liga Champions dan seterusnya, termasuk dengan detail-detail penyelenggaraan,'' tulis pernyataan resmi UEFA seperti dikutip Reuters, Kamis (11/6).

Sedianya, partai final Liga Champions musim ini akan digelar di Stadion Attaturk, Istanbul, Turki, pada 30 Mei mendatang. Pun dengan rencana menggelar partai final Liga Europa di Stadion Energa Gdansk, Polandia. Namun, akibat pandemi Covid-19, UEFA mempertimbangkan berbagai opsi dan skenario dalam menyelesaikan dua kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Skenario ini termasuk perubahan lokasi gelaran partai final dan format turnamen di sisa kompetisi musim ini. Mulai dari opsi menggelar sisa kompetisi musim ini di lokasi netral, hingga kemungkinan menggelar laga perempat final dan laga semifinal hanya dalam satu putaran atau tidak digelar dalam format kandang-tandang.

Sebelum dihentikan sementara akibat pandemi Covid-19, Liga Champions telah menuntaskan separuh babak 16 besar. Paris Saint Germain, Atalanta, RB Leipzig, dan Atletico Madrid telah memastikan satu tempat di babak delapan besar. Sementara Juventus, Chelsea, Bayern Muenchen, Lyon, Real Madrid, Manchester City, Napoli, dan Barcelona, masih harus bersaing dalam laga leg kedua babak 16 besar.

Pun dengan gelaran Liga Europa. Kompetisi kasta kedua antarklub Eropa itu baru menyebut babak 16 besar. Bahkan, dari total 16 laga, Liga Europa musim ini baru menyelesaikan enam partai. Alhasil, belum ada satu pun tim yang telah memastikan satu tempat di babak delapan besar.

Selain membahas nasib kelanjutan Liga Champions dan Liga Europa, rapat Komite Eksekutif UEFA itu juga bakal menentukan jadwal dan lokasi pertandingan di putaran final Piala Eropa 2020. Sebelumnya, akibat pandemi Covid-19, UEFA juga telah menunda gelaran Piala Eropa 2020, yang rencananya akan digelar pada musim panas 2021 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement