Kamis 11 Jun 2020 23:50 WIB

Kemenag: Banyak Masjid tak Patuhi Protokol Kesehatan

Kemenag akan mengevaluasi pelaksanaan protokol sholat di masjid.

Red: Nashih Nashrullah
Kemenag akan mengevaluasi pelaksanaan protokol sholat di masjid. Ilustrasi pelaksanaah sholat Jumat dengan protokol kesehatan.
Foto: Antara/Fauzan
Kemenag akan mengevaluasi pelaksanaan protokol sholat di masjid. Ilustrasi pelaksanaah sholat Jumat dengan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kementerian Agama menyatakan berdasarkan pemantauan dan laporan masyarakat terungkap bahwa sejumlah masjid yang belum menjalankan protokol kesehatan. 

“Banyak laporan memang, minggu pertama kemarin terutama yang paling kelihatan yang shaf-nya rapat, tapi secara umum bagus menuruti protokol yang sudah ditetapkan,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (11/6).

Baca Juga

Atas fenomena tersebut, Kemenag akan mempertimbangkan untuk melakukan evaluasi terkait pelaksanaan sholat Jumat. Menteri Agama Fachrul Razi, kata dia, akan melakukan evaluasi setelah dua kali pelaksanaan Jumatan.

Amin juga menyarankan agar Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang berada di perumahan atau di perkantoran untuk kreatif menyiasati membludaknya jamaah yang ingin menunaikan sholat Jumat.