Ahad 14 Jun 2020 10:25 WIB

Fikom Unisba Tambah Bidang Study Baru Disesuaikan Kebutuhan 

Fikom Unisba terus melihat perkembangan zaman untuk mencetak lulusan sesuai kebutuhan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Prof Edi Setiadi
Foto: Republika/Edi Yusuf
Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Prof Edi Setiadi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Di tengah pandemik wabah covid-19, tidak menyurutkan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba untuk menyelenggarakan Prosesi Milad ke 37. Puncak rangkaian kegiatan Milad kali ini dilaksanakan secara online melalui zoom meeting, Sabtu (13/6) dengan tema “Harmonisasi Komunikasi Digital”. 

Kegiatan ini diisi dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Ketua Milad ke 37 Fikom Unisba, Dr. Dedeh Fardiah, Dra., M.Si., dengan judul ”Literasi Media Solusi Harmonisasi Komunikasi Digital”.

"Kami mengikuti Adaptasi Kebiasaan Baru, makanya Puncak Perayaan Milad ke 37 Fikom Unisba Dilaksanakan Secara Virtual," ujar Dekan Unisba, Septiawan Santana, kepada wartawan.

Menurut Septiawan, Fikom Unisba terus melihat perkembangan zaman untuk mencetak lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Bahkan, tak menambah hanya bidang kajian atau jurusan tapi bidang study pun akan ditambah dan di rancang terkait kebutuhan masyarakat. 

"Kami akan melihat perkembangan ilmu sendiri. Teknologi membayangi kehidupan kita bukan hanya dampak negatif yang dihadirkan. Sekarang kan teknologi digital sangat hidup. Prodi baru di Fikom kami akan mengubungkan dengab itu dan melahirkan profesi baru," katanya.

Rektor Unisba, Prof Dr H Edi Setiadi SH MH mengatakan, usia yang ke 37 merupakan bentuk nilai pengabdian dan ketulusan yang dilandasi nilai-nilai utama dan abadi yang mendorong kemajuan bagi Fikom Unisba.

“Studi pada organisasi modern mengafirmasi pendapat ini. Nilai pengabdian dan ketulusan laksana akar pohon menghujam ke tanah yang dengan batang dan cabangnya dapat berkembang menjulang tanpa khawatir akan tumbang. Semakin akar kuat semakin adaptif pohon termasuk ketika diterpa angin kencang,” paparnya.

Rektor pun berpesan kepada Fikom Unisba untuk selalu mengedepankan kesamaan presfektif utama (kalimatun sawa) dan meminggirkan potensi konflik yang dipicu oleh presfektif pinggiran. Selain itu, Rektor juga mengajak untuk bersama-sama menginternalisasi nilai-nilai abadi yang dipesankan oleh Alquran dan sabda Nabi kedalam diri yang kemudian diikhtiarkan untuk dieksternalisasi dalam aksi yang berlandaskan nilai.

“Hanya dengan kesadaran kolektif ini energi positif organisasi dapat diorkestrasi tanpa aral berarti, dampaknya adalah kebangkitan organisasi yang berkemajuan. Jayalah Fikom Unisba,” katanya. 

Sementara itu, berbagai kegiatan Milad Fikom Unisba ke-37 telah berlangsung di tengah pandemi covid-19 ini dengan mengalami penyesuaian dari rencana sebelumnya. Pada puncak Milad tersebut, diserahkan berbagai penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan Fikom dari berbagai kategori.

Selain itu, diserahkan juga Penghargaan Profesional Communication Awards (PICA) kepada pihak eksternal yang telah concern dalam penanggulangan HOAX. 

Dikesempatan yang sama, IKA Fikom Unisba turut memberikan Beasiswa kepada mahasiswa bidang kajian ilmu Jurnalistik, Public Relations dan Manajemen Komunikasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement