Senin 15 Jun 2020 05:47 WIB

Masjid di India Kembangkan Kartu Pintar untuk Sholat

Pintu masjid di Kerala, India terbuka secara otomatis setelah menggesekkan kartu.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ani Nursalikah
Masjid di India Kembangkan Kartu Pintar untuk Sholat. Ilustrasi
Foto: REUTERS/Adnan Abidi
Masjid di India Kembangkan Kartu Pintar untuk Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KERALA -- Sebuah masjid di Kuttichira, Kozhikode, Kerala, India telah menemukan cara unik untuk menghindari keramaian di tengah pandemi Covid-19. Pengurus masjid mulai mengeluarkan kartu pintar kepada orang-orang untuk sholat dan secara bersamaan mendorong jarak sosial. 

"Pengurus telah memberikan kartu pintar dengan nomor kepada orang-orang di sekitar Masjid. Seseorang yang memasuki tempat masjid harus menggosok tangan mereka dengan pembersih," kata Muhammad Sajjad, yang merupakan bagian dari komite Masjid dikutip dari DNA India, Ahad (14/6).

Baca Juga

Mereka juga harus memberitahu identitas mereka di kamera. Sistem otomatis telah disiapkan untuk menyimpan alamat dan nomor telepon. Setelah teregistrasi, mereka harus mengatakan nomor kartu pintar mereka sehingga perincian lainnya akan secara otomatis diisi. 

"Pintu masjid akan terbuka secara otomatis setelah menggesekkan kartu. Kami telah memasang sensor di pintu. Kami juga telah membuat tanda di dalam area masjid sehingga orang dapat mematuhi norma jarak sosial," kata dia. 

Beberapa hari yang lalu, pemerintah Kerala telah mengeluarkan perintah yang memungkinkan pembukaan tempat ibadah, mal dan restoran mulai 9 Juni sesuai dengan pedoman dan pembatasan sosial. Sesuai pedoman, wanita hamil dan mereka dengan komorbiditas tidak boleh mengunjungi tempat ibadah. Mereka yang memiliki gejala juga tidak diizinkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement