Senin 15 Jun 2020 16:19 WIB

GOR Satria Purwokerto Mulai Dibuka untuk Umum

GOR Satria Purwokerto hanya akan dibuka mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ilustrasi Olahraga
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Setelah selama lebih dari 2 bulan ditutup bagi aktivitas publik, mulai Ahad (14/6), GOR Satria mulai kembali dibuka. GOR Satria yang menjadi tempat umum milik pemerintah ini, menjadi tempat umum pertama yang kembali dibuka sejak masa wabah Covid 19.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyatakan, ke depan Pemkab Banyumas juga akan membuka tempat-tempat umum lainnya secara bertahap. Namun dia juga menyatakan, protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19, tetap akan ditegakkan.

Baca Juga

Dia menyebutkan,  penggunaan GOR Satria untuk sementara juga tidak dibuka secara penuh. Dalam hal ini, GOR hanya akan dibuka mulai pukul 06.00 hingga pukul 10.00. ''Virus corona, bila langsung dibuka secara bebas, maka virus bisa akan kembali merebak. Namun  dengan disiplin pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan, mudah-mudahan Covid-19 akan hilang,'' katanya

Husein mengatakan, sebagai Bupati dia menyatakan status new normal di wilayahnya. Namun dia tetap menghimbau warga disiplin melakukan protokol kesehatan dengan tahapan tahapan tertentu, agar semua kondusif.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Asis Kusumandani mengatakan, pengunjung yang masuk komplek GOR harus mengikuti prosedur. Antara lain, wajib mengenakan masker, tes suhu badan, diminta  jaga jarak dan sering cuci tangan. ''Kami menyiapkan tempat cuci tangan di beberapa titik, dan untuk sementara hanya untuk joging, senam dan bersepeda,'' katanya.

Sedangkan untuk menjadi tempat kegiatan even-even besar, Asiz menyatakan, belum mengizinkan karena masih terlalu beresiko. ''Sesuai petunjuk Bupati, kita masih belum mengizinkan pelaksanaan even-even besar di GOR Satria,'' katanya.

Sejak wabah Covid 19 berlangsung, Pemkab Banyuma memang telah menutup total komplek GOR Satria. Hal ini mengingat beberapa gedung olah raga di komplek GOR, digunakan untuk karantina OPD (Orang Dalam Pengawasan).

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement