REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Tidak dipungkiri, sebagai akibat dari pandemi Covid-19,geliat usaha mengalami penurunan salah satunya dalam bidang UMKM. Menyikapi hal tersebut, Rumah Zakat melalui relawannya berusaha membangkitkan kembali produktivitas UMKM salah satunya melalui edukasi strategi online shop kepada Penerima Manfaat (PM).
Kegiatan edukasi dilakukan oleh Amrih Setiowati selaku relawan Rumah Zakat kepada Mahmudah, salah satu Penerima Manfaat yang memiliki usaha jahit, Jumat (12/6).
Dalam prosesnya, kegiatan edukasi dilakukan secara sederhana yakni dengan menggunakan smartphone. edukasi yang diberikan meliputi strategi pemasaran yang efektif, cara membangun mitra, dan cara menemukan customer baru.
Pasalnya, tiga pokok bahasan tersebut cocok diterapkan di tengah terpuruknya UMKM pada masa pandemi. Selain memberikan edukasi, relawan juga menyalurkan bantuan modal usaha kepada Mahmudah.
Mahmudah menerangkan bahwa pesanan jahitan menurun sejak pandemi. "Biasanya bulan April hingga Juni sudah banyak pesanan seragam sekolah tetapi kali ini hanya beberapa," ucapnya.
Ia berharap dengan modal yang ada dan edukasi olshop yang sudah diberikan, Mahmudah mampu bangkit melejitkan usahanya.