Rabu 17 Jun 2020 09:39 WIB

Masjid, Mal, dan Taman di Qatar Mulai Buka

Qatar mulai membuka masjid, mal, dan taman.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Muhammad Hafil
Masjid, Mal, dan Taman di Qatar Mulai Buka. Foto: Masjid di Qatar (ilustrasi)
Foto: riyadisugeng.wordpress.com
Masjid, Mal, dan Taman di Qatar Mulai Buka. Foto: Masjid di Qatar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, QATAR -- Mal dan pusat perbelanjaan, serta taman umum mulai dibuka untuk pengunjung pada Senin (15/6) lalu. Namun, protokol kesehatan pencegahan untuk mencegah penyebaran Covid-19 diberlakukan secara ketat.

Sejumlah masjid juga dibuka sebagai tahap pertama dari pencabutan pembatasan secara bertahap mulai Senin. Pihak berwenang terkait melakukan sejumlah tindakan pencegahan di semua tempat untuk memastikan keselamatan semua orang. Salah satu tindakannya, seperti kewajiban penggunaan masker, memasang dan mengaktifkan aplikasi Ehteraz di ponsel pintar, menjaga jarak sosial.

Baca Juga

Sejalan dengan arahan dari Kementerian Perdagangan dan Industri Qatar, personel keamanan dan staf mal terlihat melakukan pemeriksaan rutin dan mengambil langkah-langkah lain untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pembeli, serta orang-orang yang bekerja di sana. Mereka memeriksa suhu tubuh pengunjung, serta aplikasi mobile Ehteraz untuk status “Hijau” sebelum mengizinkan pengunjung masuk.

Selain melakukan pembersihan dan sanitasi rutin, mal juga memasang papan nama dan tanda di lantai untuk mengingatkan dan mendorong orang untuk menjaga jarak sosial setiap saat. “Adalah baik untuk melihat bahwa pengunjung mal menjaga jarak yang wajar dari orang lain ketika mereka pergi ke toko yang berbeda,” kata seorang karyawan toko teknologi di sebuah mal besar di Doha, dilansir di Gulf-times.com.