REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semenjak industri penerbangan dan pariwisata terdampak pandemi Covid-19, banyak perjalanan dalam negeri dan internasional terpaksa dihentikan. Kondisi itu memaksa para calon penumpang pesawat harus lebih bersabar mengurus refund tiket yang terlanjur dibeli.
"Sabar saja dulu. Jangan lupa proses refund ini membutuhkan waktu dua hingga tiga bulan bahkan lebih," kata pengamat penerbangan Gerry Soejatman dalam diskusi virtual, Kamis (18/6).
Gerry meminta calon penumpang yang pada akhirnya batal terbang karena pandemi juga harus memahami kondisi maskapai dan online travel agent (OTA). OTA dan maskapai juga akan mengupayakan refund tiket meski saat ini kebijakannya bukan mengembalikan tunai tapi menggunakan voucher dan deposit.
Dia menyarankan calon penumpang bisa secara periodik menanyakan kelanjutan proses refund tiket mulai dari sebulan, dua bulan, hingga tiga bulan. "Costumer sabar, tanya baik-baik jangan ekspektasi dikembalikan secara tunai. Yang penting diproses," kata Gerry.