Jumat 19 Jun 2020 14:25 WIB

Teknologi Informasi Komunikasi Jadi Andalan Selama Pandemi

Kebutuhan TIK mengalami peningkatan selama pandemi.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Internet. Ilustrasi
Foto: Foxnews
Internet. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Aktivitas bisnis di bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT) selama era normal baru Covid-19 mengalami pergeseran. Kondisi ini terjadi mengikuti shifting yang dialami konsumen dalam upaya memenuhi kebutuhan primernya.

Demikian diutarakan oleh Principal Consultant Artemis Hiro Whardana. Dia berpendapat, sebetulnya tidak ada pihak yang benar-benar siap menghadapi era normal baru. Pandemi Covid-19 ini merupakan fenomena yang melanda nyaris semua negara di dunia. Bukan sebatas tantangan nasional melainkan global. 

“Ada shifting pada konsumsi, karena konsumen lebih banyak di rumah. Banyak kebutuhan primer dipenuhi melalui (layanan) online. Konsumen membutuhan ICT sebagai jembatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya dalam Katadata Forum Virtual Series bertajuk Tren Baru ICT di Era New Normal, Jumat (19/6). 

Hiro menyatakan, terdapat beberapa sektor usaha yang mau atau tidak mau harus melakukan pergeseran dalam praktik bisnisnya. Mereka bergerak menjadi semakin mengandalkan teknologi digital alias ICT, contohnya sektor pendidikan, layanan kesehatan, hiburan, olahraga, serta jasa keuangan.