Sabtu 20 Jun 2020 20:18 WIB

1.500 Santri Gontor Rapid Test, 2 Hasilnya Reaktif

Santri yang reaktif dari rapid test akan diberikan travel warning.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Santri dan Wali Santri Ponpes Gontor sedang menunggu antrian Rapid Test di RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (20/6).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Santri dan Wali Santri Ponpes Gontor sedang menunggu antrian Rapid Test di RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (20/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sejak dibuka Kamis (19/6) kemarin, terdata sekitar 1.500 santri Ponpes Modern Gontor yang telah menjalani rapid test di RS Kartika Pulomas Dompet Dhuafa. Dari seluruh hasil tes yang telah terkumpul, terdata dua orang terindentifikasi reaktif. 

Direktur RS Kartika Pulomas Dompet Dhuafa, Dr Wahyu Prabowo, dari kemarin sekitar 1.000 sampel terkumpul dan hanya ada satu orang terdata reaktif, dan pagi ini terdata satu orang lagi yang hasilnya reaktif. 

Baca Juga

“Jadi kami lakukan telusur lanjutan dengan pemeriksaan swab,” jelas Dr Wahyu Prabowo saat ditemui Republika di RS Kartika Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu (20/6).  

Dia menjelaskan, santri yang terbukti memiliki hasil reaktif akan dialihkan ke pemeriksaan lanjutan dan diberikan surat larangan berpergian. Pihak rumah sakit, juga akan langsung berkoordinasi dengan pihak ponpes.