Ahad 21 Jun 2020 03:50 WIB

Tips Aman Naik Kereta Saat Pandemi Covid-19

Masyarakat diserukan menaati protokol kesehatan saat naik kereta.

Red: Reiny Dwinanda
Penumpang duduk dengan menjaga jarak di dalam kereta MRT di Stasiun MRT Blok M, Jakarta.
Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
Penumpang duduk dengan menjaga jarak di dalam kereta MRT di Stasiun MRT Blok M, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis penyakit dalam Edward Faisal mengajak masyarakat untuk disiplin melakukan protokol Covid-19 dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta rel listrik, lintas rel terpadu (LRT), dan moda raya terpadu (MRT) untuk mencegah terpapar penyakit akibat infeksi virus corona. Ia menyatakan, alat pelindung diri penting untuk dikenakan.

"Kita siapkan alat pelindung diri jangan lupakan masker, hand sanitizer (penyanitasi tangan) juga penting, walau disarankan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," kata Edward dalam gelar wicara virtual yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Edward membagikan tips yang juga berkaitan dengan protokol kesehatan yang harus dijalankan masyarakat saat menggunakan kereta, di antaranya memakai topi untuk melindungi kepala, memakai masker dan menjaga jarak. Edward mengatakan penting untuk selalu memiliki pikiran positif dan tidak paranoid.

"Pertama sekali kita harus berpikir positif sehat selalu," ujarnya.