Senin 22 Jun 2020 14:35 WIB

Patung Theodore Roosevelt Dipindahkan dari Museum Sejarah AS

Patung Theodore Roosevelt dianggap lambang kolonialisme dan rasialisme.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Patung Theodore Roosevelt
Foto: NYTimes
Patung Theodore Roosevelt

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Patung Theodore Roosevelt akan dipindahkan dari pelataran Museum Sejarah Amerika atau American Museum of Natural History di New York, Amerika Serikat (AS). Patung mantan presiden AS itu dianggap melambangkan kolonialisme dan rasialisme.

"American Museum of Natural History telah meminta untuk memindahkan patung Theodore Roosevelt karena secara eksplisit menggambarkan orang kulit hitam dan penduduk asli sebagai hamba dan secara ras lebih rendah," kata Wali Kota New York Bill de Blasio pada Ahad (21/6) dikutip laman ABC News.

Baca Juga

Menurut de Blasio, warga New York mendukung keputusan American Museum of Natural History. "Ini adalah keputusan yang tepat dan waktu yang tepat untuk memindahkan patung bermasalah ini," ujarnya.

Melalui situs resminya, American Museum of Natural History memang mengungkapkan bahwa patung Theodore Roosevelt telah lama menjadi kontroversial. Hal itu karena komposisi hierarkis yang menempatkan satu sosok menunggang kuda, sedangkan figur lainnya berjalan di sampingnya. "Banyak dari kita menemukan penggambaran tokoh asli Amerika dan Afrika serta penempatan mereka di monumen (bersifat) rasialis," katanya.