Jumat 26 Jun 2020 15:28 WIB

Uji Usap di Pasar Pekanbaru, Pedagang Tutup Lapak dan Pergi

Sangat sedikit pedagang ikut uji usap massal di Pasar Sukaramai Pekanbaru.

Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengambil sampel lendir dari seorang pedagang saat tes swab Covid-19. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengambil sampel lendir dari seorang pedagang saat tes swab Covid-19. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru menggelar uji usap (swab) massal di pasar tradisional di Pekanbaru, Jumat (26/6). Saat pelaksanaan sangat sedikit pedagang yang ikut serta dan justru memilih menutup dagangan mereka.

Berdasarkan pantauan Antara, uji usap massal berlangsung di Pasar Sukaramai di Jalan Agus Salim pada pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Awalnya pasar tersebut terlihat ramai pedagang hingga memenuhi badan jalan tersebut.

Namun, ketika tenaga kesehatan mulai datang dan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap, para pedagang berangsur menutup dagangan dan pergi.

Aktivitas pasar langsung lengang saat uji usap massal berlangsung. Warga yang ikut uji usap sebagian besar bukan pedagang pasar, melainkan yang sudah dihubungi oleh Puskesmas karena ada kontak dengan klaster penularan Palembang, klaster BRI, dan Kecamatan Bukit Raya.